Wednesday 1 February 2017

Bangunan Pelindung Pantai : Groin, Jety, Breakwater


Bangunan Pelindung Pantai
Bangunan pelindung pantai merupakan bangunan digunakan untuk melindungi pantai terhadap kerusakan karena serangan gelombang dan arus.
Klasifikasi sesuai dengan fungsinya, bangunan pantai dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok, yaitu :

Groins

Groin adalah struktur pengaman pantai yang dibangun menjorok tegak lurus terhadap arah pantai. Bahan konstruksinya umumnya kayu, baja, beton (pipa beton), dan batu. Pemasangan groin menginterupsi aliran arus pantai sehingga pasir terperangkap pada “upcurrent side,” sedangkan pada “downcurrent side” terjadi erosi, karena pergerakan arus pantai yang berlanjut.

Perlindungan pantai dengan menggunakan groin biasanya dilakukan dengan membuat suatu seri bangunan yang terdiri dari beberapa groin yang ditempatkan dengan jarak tertentu. Hal ini dimaksudkan agar perubahan garis pantai tidak terlalu signifikan. 
  
 Jetty
Jetty adalah bangunan tegak lurus pantai yang diletakan di kedua sisi muara sungai yang berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai. 
Sedangkan piers merupakan sebuah struktur yang terdiri dari tiang-tiang pancang yang menyangga dek kayu atau baja diatasnya yang biasa digunakan sebagai akses pejalan kaki, memancing, dan penelitian. Piers biasanya digolongkan termasuk ke dalam Jetty.
 
 
 Break Water
Breakwater atau dalam hal ini pemecah gelombang lepas pantai adalah bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai. Pemecah gelombang dibangun sebagai salah satu bentuk perlindungan pantai terhadap erosi dengan menghancurkan energi gelombang sebelum sampai ke pantai, sehingga terjadi endapan dibelakang bangunan. Endapan ini dapat menghalangi transport sedimen sepanjang pantai.
 
 
Breakwater atau pemecah gelombang dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :
  • Attached Breakwater
Tipe ini banyak digunakan pada perlindungan perairan pelabuhan
Tipe ini yang berhubungan langsung dengan pantai atau daratan
  • Detached Breakwater
Tipe ini untuk perlindungan pantai terhadap erosi.
Tipe ini yang tidak berhubungan dengan garis pantai dan dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai.

 
 


1 comment:

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    At least 160 thousand women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "water hack" to burn 2 lbs each and every night in their sleep.

    It's very simple and it works on anybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Go grab a glass and fill it up half the way

    2) And now use this awesome HACK

    and you'll become 2 lbs thinner when you wake up!

    ReplyDelete